Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami Secara Cepat

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami Secara Cepat

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami Secara Cepat

Setiap pria dan wanita pasti nya menginginkan wajah yang bersih dan mulus. Akan sangat mengganggu jika terdapat flek hitam di wajah. Karena dengan timbulnya flek hitam di wajah menjadi salah satu sebab seseorang kehilangan kepercayaan pribadinya ketika tampil di depan umum. Perempuan yang mempunyai flek hitam di wajah lebih memilih memilih memakai make up yang tebal buat menutupi flek hitam yang ada di wajahnya. Namun tidak banyak perempuan yang merasa jikalau pemakaian kosmetik yang tak tepat justru bisa memperparah keadaan flek hitam tersebut.

Penyebab Munculnya Flek Hitam :

1. Menggunakan Kosmetik yang Kurang Tepat, pada umumnya penggunaan kosmetik yang mengandung mercury dan asam salisilat secara terus-menerus akan menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Sehingga memicu munculnya flek hitam pada wajah.

Tak hanya itu, krim-krim pemutih wajah juga patut diwaspadai. Bila memiliki kandungan berbahaya seperti mercury dan hidroquinon, bisa berakibat fatal pada kulit. Mungkin awalnya wajah akan tampak putih, namun lama-kelamaan, flek hitam akan muncul di wajah dan akan sangat sulit hilang.

2. Terkena Sinar Matahari Berlebihan, terkena pancaran sinar matahari secara berlebih akan mendorong kulit memproduksi melanin yang lebih banyak. Hal ini terjadi untuk melindungi kulit dari sinar UV. Akibatnya, produksi melanin yang berlebih akan menimbulkan flek hitam pada wajah atau bagian tubuh lainnya.

Sinar UV merusak gugus sulfihidril di epidermis kulit sehingga tidak bisa berikatan dengan ion Cu dari enzim tirosinase. Akibatnya, tidak ada yang menghambat proses pigmentasi pada kulit, sehingga terbentuklah pigmen-pigmen yang tak lain adalah flek hitam.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan sunblock atau tabir surya sebelum keluar rumah. Karena sinar UVA dan UVB sangat berbahaya bagi kesehatan kulit terutama pada wajah. Saat berteduh pun, kulit sebenarnya belum terlindungi secara sempurna. Karena Sinar UV cukup kuat dalam menembus kaca. Bahkan ketika berada di dalam mobil yang tertutup, sebenarnya masih berisiko terkena sinar UV dari jendela. Oleh karena itu, jangan lupa menggunakan sunblock atau tabir surya sebagai perlindungan kulit sebelum bepergian.

3. Faktor Genetik dan Ras, Produksi melanin pada kulit seseorang juga dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Orang yang berkulit gelap cenderung memiliki melanin alami lebih tinggi, sehingga berisiko mengalami hiperpigmentasi.

Dr. Vinia menjelaskan bahwa timbulnya flek hitam biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik, yang mana faktor genetik ini mempengaruhi sekitar 20-70persen.

Selain itu, timbulnya flek hitam juga dipengaruhi oleh faktor ras. Biasanya dijumpai pada golongan berkulit gelap dan golongan Hispanik (keturunan Spanyol yang berdomisili di Amerika).

4. Bekas Jerawat
Salah satu penyebab munculnya flek hitam di wajah adalah karena bekas jerawat. Mengapa demikian? Karena jerawat yang dipecahkan sebelum matang akan mengalami peradangan. Hal ini akan memicu produksi melanin berlebih, yang menyebabkan terbentuknya noda gelap pada wajah. Oleh karena itu, untuk menghindari munculnya noda gelap / flek hitam yang sulit hilang, pastikan untuk tidak memencet jerawat. Biarkan jerawat itu mengering dengan sendirinya.

5. Pengaruh Hormon
Penyebab lain munculnya flek hitam di wajah adalah karena perubahan hormon. Beberapa hormon tersebut adalah hormon estrogen, hormon progesteron dan MSH (melanin stimulating hormone). Hormon ini dapat men-stimulasi produksi melanin secara berlebih saat terpapar sinar matahari.

Ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil pada trisemester ketiga dan wanita yang menggunakan obat-obatan kontrasepsi / pil KB. Selain itu, sering pula terjadi pada wanita yang menopause, penderita disfungsi tiroid, dan orang yang menjalani terapi hormon.

Beberapa kandungan obat yang memberikan efek munculnya flek hitam di wajah ketika dikonsumsi adalah difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin. Kandungan obat ini akan tertimbun pada lapisan dermis kulit, sehingga dapat merangsang proses hiperpigmentasi. Apalagi bila sering terpapar sinar matahari secara langsung, maka akan membuat proses pembentukan flek hitam semakin cepat.

Selain beberapa faktor penyebab munculnya flek hitam di atas, faktor usia juga mempengaruhi kemunculan flek hitam di wajah. Flek hitam banyak terjadi pada mereka yang berusia menjelang 30 tahun atau lebih. Dan ini membuat mereka menjadi khawatir terhadap kesehatan kulit mereka.

Berikut ini Beberapa Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami Secara Cepat :

1. Mentimun

Kaya akan kalium, vitamin A, C, dan E membuat mentimun dapat mendinginkan dan membuat kulit lebih rileks, terutama pada kulit yang sedang teriritasi atau terluka.

Cara menggunakannya :
– Iris mentimun segar 2-3 potong
– Rendam kedalam air dalam sebuah gelas
– Biarkan selama 40-60 menit
– Setelah nutrisi didalam mentimun terserap ke dalam air
– Saring airnya dan gunakan untuk membasuh wajah secara teratur
– Mentimun juga bisa digunakan sebagai masker, dengan cara menghaluskan 1 buah mentimun setelah itu oleskan pada wajah, biarkan sampai kering atau sekitar 20-25 menit
– Lalu bilas dengan air hangat.

2. Pepaya dan jeruk nipis

Buah yang satu ini mengandung enzim yang dapat mengksfoliasi kulit, mempercepat proses regenerasi sel-sel dan jaringan kulit yang telah rusak, menghambat pertumbuhan tirosinase enzim yang dapat menghasilkan pigmen kulit.

Cara menggunakannya :
– Potong buah pepaya berukuran sedang 2-3 iris
– Setelah itu haluskan sampai teksturnya berubah menjadi seperti bubur
– Campurkan dengan air perasan jeruk nipis, biarkan selama 15-20 menit
– Bilas sampai bersih

3. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini hampir ada disemua dapur karena memiliki banyak fungsi dan manfaat dalam mengolah makanan, dan ternyata kunyit juga menjadi salah satu bahan alami yang mampu mencerahkan kulit dan anti penuaan dini.

Cara menggunakannya :
– Campurkan kunyit bubuk dengan jus lemon dan susu
– Aduk sampai rata dan membentuk seperti pasta
– Oles keseluruh kulit wajah terutama yang terdapat banyak flek hitam
– Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu bersihkan dengan air hangat

4. Kentang

Kaya akan vitamin C, B kompleks, asam lemak esensial, serta mineral (magnesium, kalium, fosfor, kalsium, dan seng membuat kentang dapat meningkatkan produksi kolagen pada tubuh, sehingga kulit lebih elastis dan cerah.

Cara memakainya :
– Bersihkan 2-3 buah kentang
– Setelah itu haluskan, dan oleskan pada kulit (digunakan seperti masker wajah)
– Biarkan selama 15-20 menit
– Bilas sampaing bersih

Itu Beberapa Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami Secara Cepat.

semoga bermanfaat.

z35W7z4v9z8w

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares